Lomba Film Dokumenter Pendek

 

PETUNJUK TEKNIS LOMBA FILM DOKUMENTER PENDEK

 

Tema:

Warisan Nilai Budaya Aceh

Dalam sejarahnya yang panjang, kebudayaan Aceh sudah eksis dan dikenal oleh masyarakat dunia, baik di timur maupun di barat mancanegara, baik kebudayaan yang berwujud benda atau tak benda. Misalnya mereka mengenal dan menyebut Acehnese Stone, yaitu Batu Aceh atau batu nisan produk Aceh yang dalam sejarahnya sudah sukses diekspor ke mancanegara, terutama di kawasan Asia Tenggara.

Begitu pula dengan warisan budaya berwujud benda seperti Rumoh Aceh dengan segala wujud kearifan dan seni arsitekturnya; Taman Ghairah (Taman Sari) dengan peninggalannya, mata uang dan naskah klasik yang berpuluh ribu jumlahnya juga dapat diklasifikasi sebagai wujud benda dan wujud tak-benda sekaligus. Adapun yang wujud tak benda atau non benda,disamping pengetahuan dari naskah klasik, ditemukan warisan budaya dan adat istiadat yang begitu banyak, unik, dinamis dan penuh kearifan untuk kehidupan dan penghidupan masyarakat Aceh. Dalam hal sistem matapencaharian misalnya: petani, pedagang dan nelayan. Mereka memiliki aturan dan adab yang baku dan memiliki nilai-nilai kearifan yang dilandasi pada ajaran dan syari’at Islam itu sendiri. Seperti dilarang melaut pada hari Jumat bagi nelayan.

Kegiatan kebudayaan saat ini mulai beragam dari penampilan budaya, pameran, anugerah budaya, gebyar seni, temu budaya, lomba permainan rakyat, atraksi budaya, termasuk lomba film dokumenter yang akan menyunguhkan karya karya sutradara Aceh dengan pesan kearifan lokal dan budaya yang kuat, sehingga dapat menjadi media pembelajaran untuk generasi hari ini.

Melalui medium audio visual mengajak masyarakat Aceh untuk dapat meningkatkan peran serta mereka dalam menjaga, mengembangan dan melestarikan budaya daerah, sebagai saringan terhadap penetrasi budaya luar yang tidak sesuai. Selain itu juga menjadi motivasi dan daya cipta bagi para seniman, budayawan dan masyarakat; menguatnya perhatian pemerintah dalam pengembangan kebudayaan Aceh; dan meningkatnya arus kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Kompetisi Film Dokumenter Pendek ini mengangkat tema Warisan Nilai Budaya Aceh diharapkan muncul karya-karya film dari para sineas yang mengarah pada perlindungan, pengembangan terhadap aspek-aspek tradisi, kepercayaan, kesenian, dan kesejarahan baik yang sudah popular maupun yang hampir punah.

Syarat dan ketentuan:

  1. Peserta adalah masyarakat Aceh (boleh berdomisili di luar Aceh)
  2. Umur Peserta mulai dari 17 tahun sampai dengan 35 tahun ( dibuktikan dengan identitas diri)
  3. Peserta harus mengisi form (melalui Google Form) yang disediakan oleh panitia, melalui link berikut:bit.ly/LFD_ESTAFETBUDAYA2019
  4. Film dokumenter dengan durasi maksimal  20 menit.
  5. Peserta harus memastikan memiliki izin dari subjek (foto, musik, video) apa pun yang muncul di film.
  6. Film harus menyertakan subtitle bahasa Indonesia (Jika dialog menggunakan bahasa daerah)
  7. Format resolusi 1920 × 1080 (Full HD), format file MP4.
  8. Film dikirim secara online menggunakan link (Google Drive/ Youtube/WeTransfer, dll), yang dicantumkan dalam form pendaftaran yang disediakan panitia.
  9. Peserta boleh mengirim lebih dari satu karya maksimal 3 karya film.
  10. Lomba ini tidak berlaku bagi panitia dan pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.
  11. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang tidak memenuhi syarat dan melanggar aturan.
  12. Jika di kemudian hari ditemukan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan/hadiah yang sudah diberikan.
  13. Apabila di kemudian hari terdapat gugatan hak cipta, pihak panitia tidak bertanggung jawab atas hal tersebut, panitia akan berasumsi bahwa seluruh karya yang diikutsertakan merupakan karya orisinil peserta.
  14. Penyelenggara lomba berhak menggunakan seluruh karya pemenang untuk tujuan promosi dan publikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dengan hak cipta tetap milik peserta.
  15. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
  16. DEADLINE Pendaftaran 20 Oktober, Pukul 23.59 WIB.

ASPEK PENILAIAN:

  1. Kesesuaian film dengan tema
  2. Teknik pengambilan gambar (sinematografi) dan editing
  3. Kreatifitas menyajikan cerita
  4. Kreatifitas penyampaian pesan

HADIAH

  • Juara 1                       : Rp 10.000.000,00
  • Juara 2                       : Rp  8.000.000,00
  • Juara 3                       : Rp  6.000.000,00
  • Juara Harapan I       : Rp  4.000.000,00
  • Juara Harapan II     : Rp  3.500.000,00
  • Juara Harapan III   : Rp  3.000.000,00

*)Belum dipotong pajak

 

 

Narahubung:

Akbar Rafsanjani (085277805052)