About Us

 

ESTAFET BUDAYA ACEH 2019

 

Aceh memiliki nilai budaya yang sangat beragam. Kekayaan nilai budaya Aceh yang kita miliki, baik berupa warisan benda, maupun warisan tak benda (WBTB).

Warisan nilai budaya ini tersebar di berbagai etnis yang terdapat di 23 kab/kota di Aceh.  Keragaman berbagai warisan nilai budaya ini perlu dijaga dan dilestarikan, sehingga warisan ini tetap terjaga dan terpelihara sebagai wujud dari identitas Aceh itu sendiri.

Upaya untuk pelestarian dan pengembangan warisan nilai budaya harus dilakukan dengan berbagai upaya, salah satunya dengan kegiatan Penyebarluasan Nilai Budaya Aceh dalam kehidupan masyarakat.Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa strategi, dengan harapan nilai budaya Aceh tetap aktual dalam segala zaman, sehingga kekayaan nilai budaya kita tidak termarjinalkan dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat.

Tongkat estafet untuk kelanjutan terjaganya nilai budaya Aceh di masa yang akan datang, sangat tergantung pada generasi muda Aceh dalam memahami dan mendalami nilai budaya Aceh itu sendiri. Bagi generasi muda, warisan nilai budaya terkadang hanya dipandang sebagai warisan tradisi upacara ceremonial yang dilakukan oleh pemangku adat saja, sehingga terkesan, generasi muda enggan untuk ikut andil dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan adat dan budaya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan generasi muda dalam memahami nilai budayanya sendiri, padahal nilai-nilai budaya kita yang sering praktekkan oleh masyarakat yang masih menjunjung tinggi warisan budaya leluhur, sangat sarat dengan nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya.

Untuk merangsang minat generasi muda Aceh agar ikut andil dan berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan warisan nilai budaya Aceh. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, melalui Bidang Sejarah dan Nilai Budaya, akan melaksanakan program “Penyebarluasan Nilai Budaya Aceh”. Fokus dan target pelaksanaan program ini adalah, mengajak generasi muda atau milenial Aceh, untuk ikut terlibat dan berpartisipasi secara aktif  dalam mengaktualisasi nilai budaya. Kegiatannya dilaksanakan dengan beberapa agenda yang diminati generasi muda yang dikemas dalam konteks kekinian serta menarik minat generasi muda Aceh untuk aktif berpartisipasi dalam program Penyebarluasan Nilai Budaya Aceh.kegiatan ini dirangkai dengan sejumlah agenda yaitu:

  1. Produksi dan Pemutaran Film
  2. Roadshow Budaya
  3. Radio Content Budaya
  4. Youtube Content Budaya
  5. Lomba Film Pendek
  6. Lomba Content Digital
  7. Malam Apresiasi Budaya

Malam Apresiasi Budaya digelar untuk menutup serangkaian kegiatan Estafet Budaya. Menampilkan atraksi budaya karya remaja atau generasi muda Ace, sekaligus pembagian hadiah lomba dan penghargaan yang dilaksanakan selama kegiatan ini berlangsung. Pada malam apresiasi budaya juga akan  di anugerahkan penghargaan kepada generasi muda Aceh yang telah memberikan kontribusi pemikiran dan karya nyata dalam menggali dan mengembangkan khazanah kekayaan budaya Aceh.

Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi  wadah dan ruang expresi bagi generasi milenial Aceh untuk ikut berpartisipasai dalam rangka penyebarluasan nilai budaya Aceh kepada masyarakat Aceh umumnya, khususnya bagi generasi muda Aceh.