Religi Sebagai Kekhasan Budaya Aceh

 

View this post on Instagram

 

#Repost from @radiomegahfm Talk Show interaktif ESTAFET BUDAYA ACEH 2019 “Ensiklopedia Kebudayaan Aceh”

A post shared by Namaku Budaya (@estafetbudayaaceh) on

 

BANDA ACEH–Masyarakat Aceh terkenal sangat religius, begitu pula dengan adat dan budayanya sangat identik dengan Islam. Bagi masyarakat Aceh, kehidupan adat dan budaya dengan Islam tidak dapat dipisahkan. Harmonisasi antara adat dan Islam ini berkembang dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di Aceh.

“Islam dan budaya Aceh menyatu, sehingga sukar dipisahkan. Islam dan adat adalah satu paket yang tak terpisahkan”, kata Dr. Bustami Abu Bakar saat mengisi talkshow “Ensiklopedia Kebudayaan Aceh” di Radio Meugah FM, Senin (16/09/2019).

Dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry ini mengajak kaum milenial agar berperan aktif dalam mempromosikan kehidupan religi masyarakat di Aceh. “Banyak sekali ruang-ruang promosi di era sekarang ini, terutama melalui konten digital seperti youtube, Instagram dan media sosial lainnya sebagai alat untuk mempromosikan Aceh ke berbagai belahan dunia, tambah Bustami.

Ia juga berharap kepada semua komponen masyarakat agar dapat mempertahankan keharmonisan yang sudah terjalin antara kehidupan religi dengan adat dan budaya di Aceh. “Masih banyak tugas yang harus diemban, tidak hanya menjaga kelestarian adat dan budaya saja, tetapi juga mewariskan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya kepada generasi-generasi mendatang”, tututp Bustami pada talkshow yang membahas kehidupan religi masyarakat di Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × four =