Ada Talkshow Budaya di Radio Assalam

Banda Aceh – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui bidang Seni dan Niai Budaya melaksanakan kegiatan Estafet Budaya Aceh 2019. Salah satu rangkaian kegiatan dari Estafet Budaya Aceh 2019 ini ialah Radio Content Budaya, bertujauan untuk penyebarluasan nilai-nilai budaya Aceh, khususnya bagi generasi milenial. Dengan mengangkat tema “Ensiklopedia Kebudayaan Aceh”, program ini disiarkan melalui 7 stasiun radio lokal di Banda Aceh, mulai dari tanggal 13 – 30 September 2019.

Pada hari Sabtu (14/09/2019) dilaksanakan Talkshow seputar salah satu unsur kebudayaan universal, yaitu sistem ilmu pengetahuan dan kaitannya dengan kehidupan masyarakat Aceh. Hadir sebagai narasumber Bapak Drs. Nurdin AR, salah seorang tim penulis buku Ensiklopedia Kebudayaan Aceh, dan sekarang bertugas sebagai dosen di Fakultas Adab dan Humanioran UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Narasumber dalam talkshow tersebut mengungkapkan bahwa sangat banyak sistem pengetahuan dalam kehidaupan masyarakat Aceh yang telah ada sejak dahulu dan masih ada sampai sekarang. Diantaranya seperti pengetahuan membangun rumah, pengetahuan dalam berlayar, bahkan pengetahuan dalam mengawetkan makanan. Tanpa peralatan yang canggih masyarakat Aceh dulunya sudah mengetahui cara-cara berkehidupan dengan sangat baik dan beradaptasi dengan alam sekitar. Diakhir talkshow, Nurdin Ar berharap masyarakat Aceh khususnya generasi milenial harus bisa mewarisi kearifan lokal para pendahulu, serta tetap menjaga dan melestarikannya.

Radio Content Budaya ini dapat didengar melalui radio-radio berikut;
Serambi FM
Meugah FM
Kontiki FM
Toss FM
Three FM
OZZ Radio
Radio Assalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =